LATIHAN KEPEMIMPINAN SISWA ( LKS ) 17

Sebagaimana yang telah menjadi agenda tahunan OSIS SMA St Paulus Nyarumkop,  bahwa tujuan pembinaan kesiswaan adalah meningkatkan peran serta dan inisiatif para siswa untuk menjaga dan membina sekolah sebagai tempat belajar , menumbuhkan daya tangkal pada diri siswa terhadap pengaruh negatif. Untuk mewujudkan keberhasilan pembinaan kesiswaan telah ditetapkan tiga jalur pembinaan kesiswaan yaitu; organisasi kesiswaan ( OSIS ),  kegiatan ekstrakurikuler dan latihan kepeminpinan berlandaskan semangat Kristiani.

Demi melaksanakan tiga jalur pembinaan tersebut maka dirasa perlu mengadakan pelatihan kepemimpinan yang dikemas dengan kegiatan LKS bagi pengurus OSIS periode 2009/2010. Setelah mengikuti kegiatan latihan kepemimpinan ini siswa diharapkan dapat meningkatkan dan memantapkan mutu kepemimpinan OSIS, meningkatkan kemampuan berorganisasi dan kesadaran politik sebagai warga negara yang baik dan bertanggung jawab, meningkatkan dan mengembangkan serta memperluas wawasan dalam melaksanakan tugas-tugas kepemimpinan OSIS dan siswa dapat menyususn program kerja OSIS

Pelaksanaan kegiatan acara ini secara keseluruhan dapat dikatakan lancar tanpa halangan atau rintangan apapun. Nama kegiatan ini adalah “Latihan  Kepemimpinan Siswa (LKS) Pengurus OSIS Periode 2009/2010. Tempat pelaksanaan kegiatan di Wisma Emas Nyarumkop  pada hari Senin – Jumat , tanggal 12 sampai dengan 16 Oktober 2009 . Peserta LKS adalah pengurus OSIS priode 2009/2010,  perwakilan pengurus kelas, Pengurus Asrama dan Anggota HISIPALA  sehingga jumlah peserta yang akan mengikuti kegiatan LKS adalah 62 peserta.

Sebagai Pemberi materi adalah Bpk Hendrikus Clemen ( Alumni SMA St Paulus Nyarumkop )

Penanggung jawab kegiatan, Bpk Paulus M, S.Pd

Sebagai pendamping, Para guru dan dua pastor yang terdiri dari:

  1. Bpk.Petrus Sukoco Irianto
  2. P. Alex.Pr
  3. P.Harianto.Pr
  4. Bpk. Natalis
  5. Bpk. Paulus Ricky Nicolas
  6. Bpk. Kusnadi
  7. Bpk Aseng ( SMA Asisi Bengkayang )
  8. Ibu. Natalia
  9. Ibu. Anita

pembantu pemdamping, dari siswa Senior LKS : Buyono,Crisman, Theo, Rogerry, Yeremias, Ferry,Ventora, Merry, Nindy, Penny.

Materi kegiatan LKS ini meliputi;Dasar-dasar kepemimpinan; Kewiraan; Ke-OSIS-an; Prilaku berorganisas; Penyusunan program kerja OSIS; Bina Kepribadian; Dinamika Kelompok; Hidup disiplin; Latihan ; Pengambilan Keputusan; Kesekretariatan.

Para siswa ini juga mendapatkan teori kepemimpinan (Leadhershif), keorganisasian dan manajemen program kerja dan dasar-dasar komunikasi. Teori itu disampaikan pembina Osis, diantaranya masing-masing sekretaris bidang.

“LKS Osis ini setiap tahun tetap dilaksanakan, karena merupakan bagian pembinaan terhadap pengurus Osis dalam menjalankan tugasnya, serta menambah wawasan pengurus dalam berorganisasi,” ucap P.Meriko, OFMcap.,S.Ag,M.A, kepala Sekolah SMA St Paulus Nyarumkop.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: